Wagub Emil Akan Masukkan TPA Talangagung Pada Program Belanova

Wagub Emil Akan Masukkan TPA Talangagung Pada Program Belanova Wagub Jatim Dr. Emil Elestianto Dardak, M.Sc meninjau kondisi dan sistem kerja di TPA Talangagung Kepanjen

Malang, DinamikaBangsa

 

Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur Emil juga melihat lokasi pengelolaan sampah di Tempat Pengolahan Akhir (TPA) Talangagung Malang.

 

Pihaknya sangat mengapresiasi dan akan memasukkan pada program Belanja Inovasi Belanja Daerah (Belanova) yang memberikan jaminan pada produk inovasi.

 

“Ketika sudah ada program inovasi bagus seperti ini, maka menjadi tugas kami untuk mempekuat agar programnya tidak lari kemana-mana,” terang suami Arumi Bachsin ini sembari mengimbuhkan programnya juga akan didorong agar lebih dikenal tidak hanya nasional tapi juga internasional.

 

Emil menjelaskan, dalam pengembangan program ini peran kepala desa sangat diperlukan untuk bisa menggerakkan masyarakat. Oleh sebab itu, apapun kegiatan yang dikembangkan harus bisa diintegrasikan dengan organisasi terkait seperti BUMDES.

 

“Kampung ini bisa menjadi contoh yang menginspirasi masyarakat, dimana warga bisa hidup berdampingan dengan sampah tanpa harus takut dengan baunya atau pencemarannya,” tegasnya.

 

Selain itu, Emil juga meminta agar bakorwil-bakorwil bisa memiliki data yang update terkait semua program-program yang diimplementasikan oleh Pemprov Jatim, baik PKH Plus, Jalin Matra ataupun lainnya.

 

Hal ini penting dilakukan agar datanya bisa terpadu dan tersentral dengan baik dan lengkap. “Khusus inovasi di TPA Talangagung ini akan kami promosikan sehingga terus bisa menjadi top inovasi,” harapnya.

 

Pada kesempatan tersebut, Wagub Emil juga membagikan tali asih kepada ibu-ibu pemulung sampah yang membantu pengelolaan TPA Talangagung lebih efisien. ”Ini adalah bentuk silaturahim dan salam dari ibu Gubernur Khofifah dan saya pada ibu-ibu yang ikut peduli pada pengelolaan sampah,” urainya.

 

Keberadaan TPA yang dibuka untuk wisata edukasi tersebut mampu mencukupi kebutuhan gas bagi 360 rumah warga di Dusun Kasin, Desa Talangagung, Kecamatan Kepanjen. (hms/dwi)