Proyek Pengurukan Tambak Di Desa Jabung Sisir Paiton Disoal

Proyek Pengurukan Tambak Di Desa Jabung Sisir Paiton Disoal Jazuli BPD Desa Jabung Sisir. & Muhri pengelola tambak (Siwi).

"Diduga syarat dengan pungli" 

 

Probolinggo, DinamikaBangsa.com - Akhir akhir ini di Desa Jabung Sisir, Kecamatan Paiton, Kabupaten Probolinggo santer issu adanya dugaan pungutan liar berkedok retribusi dan kontribusi untuk Desa yang diduga dilakukan oleh Pj. Kepala Desa Jabung Sisir, Sawari.

Issu tersebut sangat kuat berhembus dikalangan masyarakat Desa Jabung Sisir pada akhir akhir ini. Hilal salah satu warga Desa Jabung Sisir kepada media ini membenarkan issu yang beredar di masyarakat terkait adanya retribusi/kontribusi sebesar Rp.15000/truk yang di terima oleh Sawari, selaku Pj. Kepala Desanya.

"Disini memang santer beredar bahwa ada penarikan untuk tiap truk pengangkut tanah urug ke tambak itu. Jujur saja saya sebagai warga sangat menyayangkan bila issu penarikan tersebut memang benar. Penarikan itu seharusnya di musawarahkan dulu pada warga dan BPD, dan dibahas peruntukanya untuk apa", ucapnya.

Sementara itu, Irfan selaku pelaksana lapangan dari PT yang melaksanakan proyek urugan tersebut setengah membenarkan issu tersebut. "Itu bukan penarikan mas, tapi retribusi/kontribusi sebagai loyalitas saja.  Apa lagi pak Sawari menghubungi kita bahwa retribusi/kontribusi itu nantinya digunakan untuk kegiatan karang taruna", kata Irfan, Senin (23/10/2017).

Sedang Muhri selaku salah satu pihak pengelola tambak juga senada dengan yang dikatakan Irfan. Dia membenarkan jika ada retribusi/kontribusi yang di terima oleh Sawari (Pj. Kepala desa, red).

"Pastinya untuk apa saya kurang tahu. Namun yang saya dengar memang ada retribusi/kontribusi itu per truk sekitar kurang lebih Rp.15000,- ,"ucapnya. 

Terkait penarikan/kontribusi yang dilakukan oleh Pj. Kepala Desa Jabung Sisir tersebut, Yasin, selaku Camat Paiton di konfirmasi mengatakan dirinya akan memanggil Sawari.

"Saya tidak tahu jika ada kegiatan pengurukan di wilayah saya. Pasalnya masih belum ada laporan ke Kecamatan. Dalam waktu dekat saya akan memanggil Pj Kepala Desa Jabung Sisir, dan akan nembicarkan hal ini." ujar yasin. 

Terpisah  Dra. Lita mahanani, selaku Inspektorat yang membawahi Wilayah IV Paiton, akan menindaklanjuti informasi dugaan pungutan yang di lakukan Pj. Kepala Desa Jabung Sisir.

"Terima kasih informasinya mas, kita akan segera menindaklanjuti kebenaranya, serta akan melakukan tindakan jika memang benar", tegasnya. 

Mengenai kontribusi ke Desa yang menurut Pj Kepala Desa di gunakan untuk biaya pagar makam, Jazuli selaku Ketua Badan Permusyawaratan Desa, (BPD) Jabung Sisir mengatakan tidak tahu dan tidak pernah di beritahu ataupun di ajak rembug Desa.

"Saya selaku BPD tidak pernah tahu maupun diberitahu terkait kegiatan di Pemerintahan Desa. "BPD baru diajak rembug bila menjelang pemilihan Kepala Desa saja," ujar Jazuli. (Siwi)