Polres Bangkalan Kawal Dana Bansos 54 Trilliun Rupiah

Polres Bangkalan Kawal Dana Bansos 54 Trilliun Rupiah Polres Bangkalan Kawal Dana Bansos 54 Trilliun Rupiah

Dinamikabangsa.com - Bangkalan,  Penyaluran dana Bansos di Kabupaten Bangkalan akan dikawal oleh kepolisian. Pengawalan ini guna mencegah terjadinya penyimpangan dalam proses pendistribusian. Tak hanya itu saja, pengawalan kepolisian ini juga bertujuan untuk memberikan pendampingan dan polisi hadir di tengah tengah masyarakat.

Kapolres Bangkalan AKBP Boby Pa'ludin Tambunan, S.I.K., M.H. melalui pembentukan Satuan Tugas (Satgas) Bansos beberapa waktu lalu bersama dengan pejabat terkait kini mulai dijalankan. Apalagi, Polri dan Kemensos telah melakukan penandatanganan MoU beberapa waktu lalu di Jakarta dan isinya aparat kepolisian akan ikut dilibatkan dalam proses penyaluran Bansos kepada masyarakat.

"Dalam MoU tersebut akan dibentuk Satgas pengamanan dan penegakan hukum dana bantuan sosial," ujar AKBP Boby, Sabtu (09/02/2019). Saat ini, Satgas di Kabupaten Bangkalan telah dibentuk dan dijalankan oleh setiap satuan fungsi untuk mengamankan berjalannya pendistribusian Bansos.

Lebih lanjut lagi, menurut Pria kelahiran Padang 41 tahun lalu, di Polres Satgas diketuai oleh Wakapolres sehingga dana Bansos dapat tepat sasaran, tepat waktu, tepat teknis, serta tepat guna sehingga tidak disalahgunakan. “Harapannya melalui bantuan hukum, Bansos akan berjalan sesuai harapan,” terang mantan Kasubdit III Jatanras Polda Jatim tersebut.

Dalam prosesnya, dana Bansos akan disalurkan langsung oleh petugas Dinsos dengan bantuan pengawalan polisi setempat. Karena berdasarkan MoU yang ada, polisi hanya melakukan pengawalan saja.

"Dari Dinsos dan dikawal oleh anggota kami. Karena seusai MoU yang dibuat, kami hanya membantu dan mengawasi serta mengamankan Bansos saja," pungkasnya ketika dihubungi oleh awak media pada hari ini di Mapolres Bangkalan. (Duwi)