Pemilihan Dai Cilik Meriahkan pembukaan Festival Toron Toron tor Ongga 3rd

Pemilihan Dai Cilik Meriahkan pembukaan Festival Toron Toron tor Ongga 3rd Simbolis pelepasan burung merpati putih

Bangkalan, DinamikaBangsa 

 

Pemilihan Dacil (Dai Cilik) memeriahkan Pembukaan acara Festival “Toron tor Ongga 3rd” hari ini, yang di adakan oleh Organisasi pemuda Garuda Emas Labang di Tanean Suramadu, Bangkalan, Madura, Jawa Timur.

 

Acara yang digelar mulai tanggal 25 Mei sampai 15 Juni 2019, menjadi tempat hiburan bagi para pemudik. Lokasi acara yang bersebelahan dengan pusat layanan informasi petugas kepolisian tersebut, menjadi daya tarik tersendiri bagi pemudik.

 

Festival Toron Tor Ongga sendiri merupakan acara tahunan Garuda Emas Labang. Acara tersebut diharapkan mampu memberikan pemahaman secara filosofis kepada warga Madura secara khusus yang ada di perantauan, untuk tidak lupa dengan kampung halaman setelah banyak meraih kesuksesan di tanah rantau.

 

Istilah toron di artikan sebagai pulang ke kampung halamannya dan ongga berarti kembali ke tanah perantauan.

 

"Di sini kami sebagai kesatuan pemuda pintu gerbang Madura, ingin memberi persembahan kepada masyarakat Madura secara umum yg akan pulang kerumah dan kembali lagi merantau untuk tetap menjaga nilai-nilai filosofi masyarakat Madura, salah satunya istilah Toron tor ongga. Bagaimana pun peradaban kita nanti, bahasa dan istilah itu tidak boleh kita lupakan," tutur Moh Ismail selaku Ketua Umum Garuda Emas Labang.

 

Acara yang bertemakan "Sinergitas Pemuda Millenial dalam beragama dan berbudaya" dikemas dengan berbagai lomba dan pameran, mulai dari lomba dai cilik, lomba patrol, selfie tanean suramadu, topak ladeh, pencak silat, dll.

 

Festival Toron tor ongga berlangsung hingga H+7 hari raya dan akan ditutup dengan pembagian juara, pentas seni budaya, penampilan 1000 hadrah juga closing ceremoni dengan pelepasan 1000 lampion dan pesta kembang api.

 

"Acara ini kami buka dengan simbolis pelepasan burung merpati putih dengan harapan bahwa garuda emas Labang beranggotakan pemuda pemudi dengan segela bakat dan kemampuan yg bisa mengepakan mimpi dan niat baik di seluruh Indonesia," tegas Riskha Dwi Putri Panitia Festival Toron tor ongga.

 

Acara tersebut juga bekerja sama dengan Ikatan Keluarga Madura (IKAMA), IPNU & IPPNU Kecamatan Labang. Di dukung oleh AKD Bangkalan dan Muspimcam Labang. (red)