Mengenal Lebih Dekat Family Development Session FDS Program Keluarga Harapan PKH

Mengenal Lebih Dekat Family Development Session FDS Program Keluarga Harapan PKH Mengenal Lebih Dekat Family Development Session (FDS) Program Keluarga Harapan (PKH)

Dinamikabangsa.com - Bangkalan,  Family Development Sesion atau Peningkatan Kemampuan Keluarga mulai diuji coba tahun 2015. Tahun 2016 juga dilaksanakan di Kabupaten/ Kota kepesertaan 2007. Banyak hal yang menarik saat pelaksanaan FDS PKH. Pendamping dituntut untuk dapat mengemas sedemikian rupa agar pelaksanaan FDS berhasil, antara lain dilaksanakan bersamaan dengan kegiatan pertemuan kelompok.
 
Pertemuan kelompok dilakukan oleh pendamping minimal sekali sebulan untuk tiap kelompok. Dengan FDS pertemuan kelompok jadi lebih bernilai dimana peserta diberi bekal oleh pendamping PKH terkait masalah Kesehatan, Pendidikan,Ekonomi keluarga dan perlindungan anak.
 
Pertemuan peningkatan Kemampuan Keluarga jika dilaksanakan rutin oleh pendamping PKH sangat bermanfaat bagi peserta. Peserta diajarkan dan dibekali oleh pendamping tentang pentingnya pendidikan dan kesehatan, pengelolaan keuangan keluarga, cara mengasuh anak dan lain sebagainya.
 
Jika bantuan yang diterima oleh peserta mengintervensi pengeluaran peserta, verifikasi menyiapkanSumber Daya manusia ART peserta PKH. Maka Familiy Development Sesion diharapkan merubah perilaku dan pola pikir peserta itu sendiri. Perubahan pola pikir peserta diharapkan dapat mengangkat peserta dari kemisikinan. Dengan Pertemauan Peningkatan Kemampuan Kelaurga/ FDS peserta tidak saja diberi ilmu oleh pendamping tapi juga motivasi.
 
Pelaksanaan FDS disesuaikan dengan dengan kegiatan pertemuan kelompok dengan tidak membebankan peserta. Untuk itu perlu kesepakatan bersama antara pendamping dan peserta dalam menentukan jadwal akan mempengaruhi kuantitas dan kualitas pelaksanaan FDS. Setiap kelompok diskusi dilakukan oleh 1 pendamping terhadap  15-20 rumah tangga anggota PKH yang tinggal berdekatan. Waktu dan lokasi pertemuan disepakati antara pendamping dan peserta PKH, dengan prinsip tidak membebankan peserta PKH. (Duwi)