KPU Luncurkan Maskot Pilwali Surabaya SIRO dan SIBOY

KPU Luncurkan Maskot Pilwali Surabaya SIRO dan SIBOY KPU Surabaya saat meluncurkan maskot untuk Pilwali Surabaya

Surabaya, DinamikaBangsa

KPU Surabaya, Jatim secara resmi meluncurkan maskot untuk Pilwali Surabaya. Maskotnya adalah SIRO dan SIBOY. Kedua karikatur tersebut identik dengan lambang kota Surabaya yakni ikan dan buaya. 

Karikatur ini merupakan karya Siska Wahyu Prasetyani, yang merupakan pemenang dari sayembara maskot pilwali Surabaya yang digelar akhir 2019 oleh KPU setempat. Nanti maskot itu akan diaplilasikan ke berbagai media peraga untuk sosialisasi pilwali.

Selain melaunching maskot, KPU Surabaya juga meluncurkan jingle dan mars yang nanti akan dipakai untuk sosialisasi pilwali. Sehingga semakin meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pilwali Surabaya.

Anggota KPU Surabaya Divisi Sosdiklih, Parmas, dan SDM, Subairi, menjelaskan maskot ini terpublikasikan, sehingga apa yang dihasilkan ini bisa mengena dan tepat sasaran di seluruh elemen masyarakat kota surabaya. 

"Awal proses maskot kita dari rapat internal dulu, pastikan bahwa penting maskot atau tidak? Ternyata kita putuskan maskot penting sehingga dalam rapat internal kita sampaikan, kita anggarkan terus kita lakukan FGD yang mengundang seniman, pemerhati seni dan teman-teman wartawan," terang Subairi, Jumat (17/1/2020).

Kemudian mereka memberi masukan tentang ciri-ciri seperti apa maskot yang harus disampaikan dan dipublikasikan. Akhirnya terpilih satu dari tiga maskot yang terbaik, begitu juga dengan jingle dan mars. Lalu akan menjadi bagian dari sosialisasi yang melekat dalam pilwali Kota Surabaya.

"Ya nanti nempel dalam setiap sosialisasi, akan menjadi bahan sosialisasi, itu termasuk dalam launching ada badut, nah itu nanti juga kita tampilkan maskot yang resmi dan diperoleh dari hasil lomba," papar mantan Jurnalis ini.

Subairi menambahkan, maskot tersebut mempunyai ciri khas atau icon dari kota Surabaya, yang merupakan penggabungan dari maskot pilwali sebelumnya. Pada pilwali 2010 maskotnya SIRO, dan pada 2015 SIBOY. Untuk pilwali 2020 adalah SIRO dan SIBOY (say/nur)