KABUPATEN TULUNGAGUNG GELAR APEL KESIAPSIAGAAN BENCANA BERSAMA TIGA PILAR

KABUPATEN TULUNGAGUNG GELAR APEL KESIAPSIAGAAN BENCANA BERSAMA TIGA PILAR KABUPATEN TULUNGAGUNG GELAR APEL KESIAPSIAGAAN BENCANA BERSAMA TIGA PILAR

Dinamikabangsa.com - Tulungagung, Kamis(9/1) "Sesuai informasi dari BMKG Juanda Surabaya bahwa saat ini Jawa Timur tengah berada di puncak musim penghujan yang berpotensi cuaca ekstrim. Dimana turunnya hujan kerap kali diserta kilat atau petir serta angin kencang, maka diperlukan kesiapsiagaan agar tidak terlalu menimbulkan kerugian harta benda maupun nyawa" disampaikan oleh Komandan Kodim 0807 Letkol Wildan Bahtiar saat memimpin Apel Bersama Gelar Pasukan dan Perlengkapan Dalam Rangka Penanggulangan Bencana Hidrometeorologi Di Wilayah Tulungagung yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bupati Tulungagung.

Penanggulangan bencana menjadi urusan semua pihak termasuk TNI dan Polri, namun masyarakat dan pemangku kepentingan juga harus meningkatan kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana. Tagline "Siaga bencana dimulai dari kita, keluarga dan komunitas, kenali bahayanya kurangi resikonya" bertujuan mengajak semua pihak untuk peduli terhadap kemungkinan akan adanya bahaya akibat bencana.

Dari apel tiga pilar tersebut, selanjutnya akan dibentuk posko kesiapsiagaan yang akan terus memantau informasi dari BMKG, menyiapkan aparat TNI-Polri serta instansi vertikal dan relawan. Serta menyiapkan sarpras yang dibutuhkan. Tidak kalah penting dari itu semua adalah adanya penyebarluasan informasi deteksi dini adanya bencana kepada masyarakat melalui berbagai media.