Bagi Sembako, Pakde Karwo Titip Doa Untuk Pemprov Jatim  

Bagi Sembako, Pakde Karwo Titip Doa Untuk Pemprov Jatim  

Surabaya, DinamikaBangsa

 

Gubernur Jatim Dr. H. Soekarwo membagikan 1.700 paket sembako kepada warga di sekitar Kecamatan Lakarsantri, Surabaya pada acara Bakti Sosial dalam rangka Hari Jadi ke-73 Provinsi Jawa Timur, bertempat di lapangan Kelurahan Lidah Kulon, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya, Jumat (26/10) pagi.

Kepada warga yang hadir, Pakde Karwo, begitu ia akrab disapa, menyampaikan permohonan maaf dan menitipkan doa untuk kemajuan Pemprov Jatim. Ia juga berpesan kepada masyarakat untuk menjaga kerukunan dan mempertahankan semangat gotong royong.

Kamiatas nama Pemprov Jatim mohon maaf dan mohon doanya semoga Pemprov Jatim bisa terus memperhatikan warga yang membutuhkan, katanya yang langsung diamini warga.

PakdeKarwo juga menyampaikan terimakasih kepada Gubernur Jatim ke-12 yakni H. Imam Utomo yang berkenan hadir dalam acara tersebut. Apalagi sebagai Ketua PMI Provinsi Jatim, hingga saat ini, H. Imam Utomo masih bekerja untuk kemanusiaan. "Beliau masih memikirkan kehidupan orang lain, apalagi saat ini Jatim kelebihan stok darah yang bisa diberikan kepada orang di daerah lain," katanya.

Menurutnya, kegiatan baksos dan pelayanan kesehatan ini merupakan substitusi atau pengganti Puskesmas Pembantu (Pustu) dan Pondok Kesehatan Desa (Ponkesdes). Dari 8.501 kelurahan/desa di Jatim, saat ini baru ada 3.213 ponkesdes. Idealnya, setiap kelurahan harus memiliki ponkesdes dengan satu bidan dan dua perawat.

"Satu bidan dan satu perawat untuk pelayanan kesehatan, satu perawat yang lain untuk mengajak hidup sehat. Seperti memberi penyuluhan tentang Juru Pemantau Jentik (Jemantik)," katanya sembari menambahkan penyuluhan ini sangat penting sebagai upaya promotif preventif yakni mencegah lebih baik daripada mengobati.

Sebelumnya, Suyono, Ketua RT 04 RW 02 Kelurahan Lidah Kulon, Kec. Lakarsantri menyampaikan terimakasih kepada Pakde Karwo yang telah menyelenggarakan baksos ini. Ia juga mendoakan Pakde Karwo agar diberikan kekuatan dan kesehatan oleh Allah SWT.

"Kami akan selalu menerima bila ada kegiatan seperti ini dilakukan kembali di wilayah kami. Semoga acara ini manfaatnya bisa dinikmati secara langsung oleh masyarakat, dan semoga Provinsi Jatim makin kuat dan maju dalam segala hal," katanya.

Sementaraitu, Kepala Biro Administrasi Kesejahteraan Sosial Setdaprov Jatim, Dr. Hudiyono, M.Si mengatakan, kegiatan ini sebagai wujud kepedulian Pemprov Jatim kepada masyarakat kurang mampu untuk memperkuat solidaritas dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Selain itu, kegiatan ini bertujuan membantu meringankan beban hidup masyarakat untuk mencukupi kebutuhan dasar khususnya kesehatan.

Total sebanyak 1.700 paket sembako diantaranya berisi beras, minyak goreng, kecap, mie instan dan gula dibagikan kepada masyarakat sekitar Kec. Lakarsantri. Seperti Kelurahan Bangkingan, Jeruk, Lidah Kulon, Lidah Wetan, Wiyung dan Babatan.

Selain pembagian sembako, dalam acara ini disediakan pelayanan kesehatan gratis meliputi pelayanan kesehatan umum, pelayanan kesehatan mata, check laboratorium seperti gula darah, asam urat dan kolesterol, serta donor darah.

Pakde Karwo juga memberikan bantuan berupa bibit kelengkeng dan instalasi hidroponik kepada perwakilan warga. Turut hadir Sekdaprov Jatim, Kepala OPD di lingkungan Pemprov Jatim, serta masyarakat sekitar. (hms/dewi)