Awali Peringatan HUT RI ke-73, 200 ASN Raih Satyalencana Karya Satya

Awali Peringatan HUT RI ke-73, 200  ASN Raih Satyalencana Karya  Satya

Surabaya, DinamikaBangsa

Dalam rangka memperingati HUT Kemerdekaan RI ke-73 , Presiden RI, Joko Widodo memberikan tanda kehormatan Satyalencana Karya Satya kepada 200 orang ASN di Jatim. Penyerahan penghargaan dilakukan Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo kepada para penerima di Gedung Negara Grahadi, Rabu(15/8). Pemberian penghargaan Satyalencana Karya Satya inu diberikan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 35/TK/Tahun 2018 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalencana Karya Satya.

Pada kesempatan ini, Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo menjelaskan Satyalancana Karya Satya merupakan tanda penghargaan kepada ASN yang telah berbakti selama 10 atau 20 atau 30 tahun lebih secara terus menerus. ASN yang menerima penghargaan tersebut dinilai memiliki loyalitas tinggi terhadap Negara. “Penerima penghargaan tidak pernah melakukan pelanggaran hukum dan menegakkan kedisiplinan selama berkarir menjadi ASN,”ujar Pakde Karwo sapaan akrab Gubernur Jatim.

ASN yang melanggaran kedisiplinan dan melakukan pelanggaran hukum, lanjutnya, tidak akan menerima penghargaan. Oleh karena itu, pemberian penghargaan ini merupakan bagian dari menciptakan good governance yang didalamnya ada clean governanve. Secara tidak langsung para ASN menjalankan azas structural normative. “Para ASN ini, menjadi birokrat yang sanggup menegakkan peraturan dengan baik. ASN dinilai patuh terhadap peraturan perundangan dan semua keputusan yang dilakukan oleh pimpinan. Sekali lagi, loyalitas menjadi point dalam penilaian,”ungkapnya.

Ditambahkan, ASN saat ini harus bisa menciptakan good governance yang didalamnya berisi transparansi dan akuntabilitas. Artinya, semua public policy diinfokan kepada publik dan dimasukkan kedalam system informasi website. “Pemerintahan yang baik itu memberikan informasi yang mudah kepada masyarakat,” tambahnya.

Sebagai rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73, siang harinya digelar Pameran UMKM Expo di Grandicty. Kemudian, malam hari dilakukan pengukuhan pasukan pengibar bendera atau Paskibra Merah Putih di Gedung Negara Grahadi. Dalam kesempatan ini, Gubernur Jatim, Dr. H. Soekarwo akan menjadi inspektur upacara dan menyematkan tanda paskibra sabuk Kendit kepada perwakilan. Pengukuhan dilakukan kepada 76 orang siswa SLTA dari kabupaten/kota di Jatim.

Rangkaian peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 72 berikutnya, yakni Sidang Paripurna Istimewa DPRD di DPRD Jatim dengan agenda mendengarkan Pidato Presiden Joko Widodo pada Sidang bersama DPR RI dan DPD RI di Jakarta (16/7). Pada tanggal 17 Agustus 2018 pukul 00.00, dilakukan apel kehormatan dan renungan suci di TMP Kusuma Bangsa. Selanjutnya, upacara pengibaran bendera merah putih dalam rangka peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan dan HUT RI ke-72 di Gedung Negara Grahadi, resepsi kenegaraan, ramah tamah dengan pejuang/veteran serta upacara penurunan bendera merah putih. (hms)