Adanya Calo, Sekjen Lasbandra Layangkan Surat ke Kasi Propam

Adanya Calo, Sekjen Lasbandra Layangkan Surat ke Kasi Propam Rifai Sekjen Lasbandra

Dinamikabangsa.com Surabaya

Dengan adanya praktek pungutan liar (pungli) berkedok Calo/biro jasa marak terjadi di Satpas Colombo Satlantas Polrestabes Surabaya, tepatnya dibagian pelayanan pengurusan Surat Izin Mengemudi (SIM) kendaraan bermotor membuat Sekjen Lasbandra angkat bicara.

Menurut Rifai Sekjen Lasbandra, tidak sulit dijumpai disepanjang jalan depan markas satpas Colombo Surabaya, para calo dengan bebas menawarkan jasa untuk pembuatan SIM baru, serta perpanjangan SIM lama ke setiap pengguna jalan yang melintas. 

"Aneh calo sangat berani terang-terangan menawarkan untuk SIM C Baru dipatok dengan harga 850 ribu terima jadi. Dengan masalah proses awal pembuatan SIM disarankan diikuti sebagai formalitas belaka. Ini jelas-jelas calo bermain dengan oknum petugas SIM," tuturnya. 

Tambah Rifai, seharusnya Kasat lantas Polrestabes Surabaya membatasi ruang gerak oknum Petugas SIM yang nakal. Hal itu dilakukan dengan cara memberikan sangsi tegas bagi oknum Petugas SIM nakal. 

"Saya akan melayangkan surat ke Kapolrestabes, Kasi Propam Polda Jawa Timur dan Polrestabes Surabaya, supaya para Calo dan Oknum petugas SIM yang meresahkan masyarakat bisa dibasmi," tegasnya. 

"Terima Kasih infonya, saya akan cek dan ricek bila masih ada dugaan calo, tentunya akan kita bersihkan. Karena calo sangat merugikan masyarakat. Salahsatu upaya adalah dengan masif mensosialisasikan tarif SIM sesuai pp no.60/2013 ttg PNBP," tutur AKBP Teddy Chandra, S.I.K., M.SI. Kasat Lantas Polrestabes Surabaya saat dikonfirmasi. (red)